Artikel

Sistem Pakar Klasifikasi Rumah Tidak Layak Huni Metode Naive Bayes

    Dibaca 150 kali Code Igniter Pemrograman Aplikasi

Sistem Pakar Klasifikasi RTLH di Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali

Dalam Permasalahan Penyaluran bantuan kemiskinan untuk masyarakat. Maka dibangun sebuah sistem aplikasi berbasis website untuk pengklasifikasian rumah tidak layak huni. Dimana aplikasi ini dapat memberikan hasil klasifikasi yang tepat. Diharapkan nantinya dalam penyaluran bantuan agar tepat sasaran

Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali dalam hal ini berupaya mencari solusi yang tepat untuk mengelola segala jenis bantuan RTLH (Rumah Tidak Layak Huni). Dengan adanya sistem pakar klasifikasi RTLH ini dapat memberikan informasi mengenai siapa saja KK yang sudah memperoleh bantuan. Dalam pengklasifikasiannya terdapat beberapa indikator penentu RTLH ini. 

Beberapa contoh dari indikator yang sudah di tetapkan misalnya, kondisi rumah baik itu dari kondisi lantai, atap, dinding rumah, indikator besarnya penghasilan dari keluarga, serta kesehatan. sehingga tidak semata-mata dalam pemberian bantuan secara random dan sepihak. Harus sesuai dg kriteria yang sudah ditetapkan.

Kedepannya akan selalu dimaintenance dari sisi sistem untuk pengembangan yang lebih lanjut.  Dalam upaya pengentasan kemiskinan tidak dapat dilakukan dari satu pihak saja. Semua elemen dari masyarakat dan pemerintah harus dengan aktif dalam upaya kerjasama.

 

Berikut merupakan screenshoot dari aplikasi Sistem Pakar Klasifikasi RTLH Di Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali.

  1. Halaman Dashboard Utama Admin

          Halaman ini merupakan tampilan utama setelah masuk login sistem aplikasi. Dimana terdapat menu-menu untuk pengelolaan sistem.

Halaman Dash Board

 

       2. Halaman Data Master Datasheet

           Halaman Datasheet merupakan data awal dari sample untuk proses dasar penghitungan. Disini data Rumah dari setiap KK beserta data kondisi rumah dan juga hasil pengklasifikasian awal.

Datasheet

 

       3. Halaman Proses Entry Kriteria

          Pada Halaman Proses Entry Data Kondisi Rumah di pilih sesuai dengan hasil cek lokasi terhadap rumah yang akan diklasifikasikan. Dimana kesesuaian data sangat lah berperan penting dan suatu kewajiban. dalam penginputannya. Hak Akses ini hanya diperuntukkan oleh superadmin.

Perhitungan

       4. Halaman Hasil Pengujian 

          Hasil dari pengujian ini akan menampilkan presentase dari hasil klasifikasi. apakah kondisi hasil akan masuk dalam kriteria Rumah Baik, Rumah Sederhana, Rumah sangat sederhana dan Rumah Tidak Layak Huni.

       Hasil Pengujian

 

 Demikian sekilas penjelasan tentang aplikasi Sistem Pakar Klasifikasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Jembungan, Banyudono, Boyolali. Semoga bisa menjadikan referensi untuk kedepannya. dan diharapkan lebih banyak pengembangan yang nantinya akan dirasakan dampaknya bukan untuk kita sendiri, tetapi juga untuk masyarakat pada umumnya. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya. Salam Solusi....